Sunday, July 20, 2008

Tugas Ke 2 FiLsaFat Umum

Ø TUGAS KE 2 “FILSAFAT UMUM”

1. Mencari sumber lain yang memberi makna tentang philos, shopos, philei, dan sophia

1.1 Pengertian Filsafat, filsafat secara umum berasal dari bahasa Yunani philosophia dan philoshophos”. Philos berarti cinta dan sophia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Jadi seseorang dapat disebut berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, cinta terhadap pengetahuan dan cinta terhadap hikmah.

Awalnya kata sofia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan, misalnya perdagangan dan pelayaran. Menurut Pythagoras makna kata sofia itu lebih mengarah kepada pengetahuan yang dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni. Pythagoras mengatakan “cukup seorang menjadi mulia ketika ia menginginkan hikmah dan berusaha untuk mancapainya”. Bahwa hanya Dzat Maha Tinggi (Allah) yang mampu melakukannya.

1.2 Harun Hadiwijono, filsafat itu diambil dari bahasa Yunani filosofia. Tetapi struktur katanya berasal dari kata filosofien yang berarti mencintai kebijaksanaan. Menurutnya filsafat itu mengandung makna atau arti sejumlah gagasan yang penuh kebijaksanaan. Secara garis besar, ini berarti “himbauan kepada kebijaksanaan”.

1.3 Harun Nasution beranggapan bahwa kata filsafat bukan berasal dari struktur kata philos dan shopia, philos dan sophos atau filosofen. Tetapi berasal dari bahasa Yunani yang struktur katanya berasal dari kata philien dalam arti cinta dan shofos dalam arti wisdom. Lebih lanjut Harun beranggapan bahwa filsafat terambil dari dua bahasa, yaitu Fil dari bahasa Inggris dan Safah dari bahasa Arab. Menurutnya berfilsafat artinya berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tidak terikat pada tradisi, digma serta agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga samapi kedasar persoalannya.

2. Manfaat bagi kita (akademisi) belajar tentang filsafat

Manfaatnya yaitu :

· Bisa mendidik kita, membangun jati diri kita sendiri.

· Berfilsafat bisa menumbuhkan rasa ingin tahu kita tentang berbagai macam hal. Dan memberikan cara pandang kita tentang bagaimana mengatasi segala macam persoalan. dengan berfikir secara mendalam saja, seseorang itu sudah dikatakan berfilsafat. Karena seseorang itu berfikir dengan rasional bagaimana sesuatu itu bisa terjadi. Karena awal mula kta berfilsafat itu adanya rasa keingintahuan yang mendalam dan rasa ingin bertanya.

· Selain itu berfilsafat melatih cara fikir kita, sehingga kita tidak ikut-ikutan mengikuti cara fikir seseorang.

· Dengan berfilsafat kita dapat mencari solusi atau mencari jawaban atas masalah yang terjadi atau apapun itu.

· Dan dapat memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan lebih lanjut pada jenjang pendidikan lebih lanjut.

No comments: